Salam dari Rektor

Pertama-pertama sebagai pimpinan Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong  saya mengajak kita semua memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah yang Mahakuasa, karena dengan  pertolongan dan perkenan-Nya kita semua diberi kekuatan dan kesehatan sampai hari ini sehingga dapat menuntaskan proses belajar mengajar di mana seluruh kegiatan akademik tahun 2016-2017 telah berjalan dengan baik. Tentu pengalaman mengawali pelaksanaan tugas  pimpinan yang baru tahun pertama, periode 2016-2021 ini tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kendala, tetapi itu semua menjadi suatu perenungan dan sekaligus  tantangan bagi kita untuk  melakukan upaya perbaikan dan peningkatan guna mencapai hasil kinerja yang lebih baik  lagi,  ke depan.

Atas nama pimpinan STT Tenggarong, saya melaporkan secara singkat beberapa perkembangan (progres) yang terjadi di Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong, sebagai berikut:

  1. Telah berhasil mengevaluasi dan menuntaskan pengerjaan Statuta STT Tenggarong yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan lembaga dan kini telah mendapat perubahan serta pengembangan Bab, pasal dan ayat, versi statuta baru yang berlaku pada Perguruan Tinggi negeri dan swasta  sesuai dengan  Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014.
  2. Dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan kerjasama yang baik antara pimpinan lembaga STT Tenggarong dengan BPW GKII Kaltim sebagai pendiri, pemilik dan Badan penyelenggara STT Tenggarong sesuai dengan statuta STT Tenggarong Bab I mengenai Ketentuan Umum dan Bab II mengenai Landasan Hukum berdirinya STT Tenggarong maka Badan Pengurus Wilayah GKII Kaltim telah membentuk suatu Yayasan  baru,  yang dinamakan: “Yayasan Kemah Sejahtera Kaltim” yang diharapkan dapat menopang kebutuhan finansial dan operasional STT Tenggarong.
  3. Memasuki pengalaman penyelenggaraan kegiatan STT Tenggarong dalam beberapa bulan terakhir, pasca diterima dan  ditetapkannya Statuta yang baru maka telah berlangsung penerapan kerjasama dari trifungsi  (fungsi tiga pilar kekuatan STT Tenggarong) yang terdiri dari BPW (Badan Pengurus Wilayah) GKII Kaltim sebagai pendiri, pemilik dan penyelenggara, dan Pimpinan STT Tenggarong sebagai pelaksana harian lembaga yang fungsinya melaksanakan tridharma Perguruan Tinggi serta Yayasan Kemah Sejahtera Kaltim sebagai penopang dana dan kebutuhan finansial, dengan prinsip bahwa semua bisa bangkit dan melangkah maju  karena kerjasama yang baik dari ketiga komponen  tersebut.
  4. Telah menyusun program kerja 5 tahun (periode 2016-2021) dan menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja STT Tenggarong yang melibatkan Unsur pimpinan terkait dan Pengurus Yayasan Kemah Sejahtera Kaltim yang hasilnya dilaporkan dalam rapat Lengkap Dosen dan Unit-Unit STT Tenggarong bersama BPHW GKII Kaltim dan Pengurus Yayasan Sejahtera Kaltim yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2017 ( akhir semester genap tahun akademik 2016-2017).
  5. Telah mendapat dukungan penuh dari 9 Daerah GKII se-Kaltim melalui Keputusan Rapat Kerja Wilayah I (Rakerwil I) di Tepian Buah untuk mendukung penyelenggaraan STT Tenggarong dengan mewajibkan setiap jemaat lokal mengadakan aksi dana setiap bulan dan berapapun  hasilnya disetor ke Daerah dengan tembusan ke Wilayah dan Sekolah atau Yayasan STT Tenggarong.

Mengawali  setiap kegiatan akademik, kita harus optimis meraih prestasi yang lebih baik dengan alasan berupaya mewujudkan Visi dan Misi lembaga (institusi) yang mengikat komitmen semua pihak yang terkait dalam proses penyelenggaraan STT Tenggarong. Karena itu melalui media komunikasi  ini kami mengajak semua pihak berdoa bersama-sama dengan segenap civitas akademika STT Tenggarong untuk pokok-pokok doa sebagai berikut:

  1. Pembangunan Gedung kuliah dan ruang serba guna yang didesain 3 lantai.
  2. Rehab sejumlah rumah dinas dosen dan asrama pria dan wanita serta bangunan gedung auditorium STT Tenggarong.
  3. Upaya mengembangkan ekonomi sekolah dengan mengadakan berbagai usaha pemberdayaan lahan kebun sekolah dan aset lainnya untuk menambah pemasukan.
  4. Program semenisasi lapangan volly Ball yang selama ini kerap tergenang air hujan dan luapan air pasang dan banjir.

Akhirnya, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada yang terhormat:

  1. Badan Pengurus Wilayah GKII Kaltim sebagai Badan pendiri, pemilik dan penyelenggara STT Tenggarong, yang berkomitmen mendukung dan mengayomi STT Tenggarong dan
  2. Pengurus Yayasan Kemah Sejahtera Kaltim yang berupaya mengusahakan dana untuk mendukung STT Tenggarong,
  3. Ke 9 Daerah yang berada di seluruh Kaltim yang bertekad bulat untuk mendukung STT Tenggarong dengan mengefektifkan pelaksanaan keputusan hasil Rakerwil I mengenai persembahan aksi dana dari setiap jemaat lokal yang diadakan tiap bulan untuk disetorkan ke Sekolah  melalui Waket II bidang keuangan untuk selanjutnya diserahkan ke Bendahara Yayasan Kemah Sejahtera Kaltim untuk dikelola semaksimal mungkin bagi kebutuhan operasional STT Tenggarong.
  4. Seluruh Jemaat lokal yang berada di wilayah Kaltim yang telah berpartisipasi langsung untuk mendukung STT Tenggarong dengan dana yang diberikan melalui aksi persembahan kasih tiap bulan, kiranya TUHAN memberkati. Amin. (DG).